-->

Monday, July 10, 2017

Buat kalian yang suka ikan, pasti doyan sama ikan mas, cara memasak ikan juga tidak terlalu sulit, bisa digoreng, dibakar, bahkan di pepes juga mudah. Walaupun ikan mas tidak sepopuler gurame, tapi mungkin apabila kalian mencoba resep pepes ikan mas ini kalian akan bangga soalnya bisa mengalahkan cita rasa ikan gurame. berikut resep pepes ikan mas yang bisa kalian coba di rumah




Bahan-Bahan
 
    1 kg ikan mas
    garam secukupnya
    2 buah jeruk nipis
    10 buah cabai rawit merah utuh
    4 lembar daun salam
    2 sdm minyak sayur
    1 ikat daun kemangi, petik daunnya
    2 liter air
    Daun pisang secukupnya

Sebelumnya kita buat dulu bumbunya, terdapat 2 bahan, ada yang dihaluskan dan ada juga yang di iris.

Bahan-Bumbu yang Diiris:

    10 butir bawang merah
    6 ruas jahe
    3 ruas kunyit
    3 buah cabai merah besar
    2 batang daun bawang
    10 siung bawang putih
    2 ruas lengkuas
    2 batang serai

Bahan-Bumbu yang Dihaluskan

    10 buah kemiri
    2 siung bawang putih
    1 sdt terasi
    1 sdt garam (secukupnya)
    1/2 sdt pala
    1 sdt gula merah
    4 butir bawang merah
    1 sdm ketumbar
    1 sdm minyak sayur
    1 sdt penyedap rasa

Cara Membuat Pepes Ikan Mas

Cara yang pertama bisa anda lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ikan mas sebelum kita berikan bumbu dan kukus menjadi hidangan pepes yang lezat dan nikmat.
Untuk membersihkan ikan saya awali dengan menempatkan ikan pada wadah yang telah disiapkan dan cuci bersihkan ikan dengan menggunakan air mengalir hingga bersih secara merata.
Setelah dibersihkan, saya lanjutkan dengan menyisik sisik ikan dengan menggunakan sendok dengan arah berlawanan dari arah sisik ikan. Lalu saya berishkan pula sisik dibagian sisi satunya lagi dengan bersih.
Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan insang yang ada dikepala ikan dengan mengguankan tangan dan membuang insang dengan menggunakan tangan.
Selesai membersihkan insang dikepala ikan, selanjutnya bersihkan isi perut ikan secara merata dan keluarkan isinya lalu bersihkan dengan menggunakan air mengalir secara merata hingga perut ikan dan bagian tubuhnya bersih secara merata.
Selesai diberishkan, sekarang angkat ikan ke tempat cucian dan tiriskan air cuciannya secara merata.
Lalu berikan perasan air jeruk nipis pada ikan dan sedikit taburan garam secara merata. Dan lumuri semua bagian tubuh ikan hingga kebagian terdalam sampai merata. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit sebelum kita berikan bumbu lainnya.
Selanjutnya kita campurkan terlebih dahulu bumbu halus bersama dengan bumbu iris. Lalu aduk-aduk secara merata.
Sisihkan terlbeih dahulu masalah bumbu, sekarang kita akan siapkan daun pisangnya. Silahkan lap terlebih dahulu daun pisang yang akan digunakan hingga bersih dan sobek daun pisang dengan ukuran secukupnya, lalu tempatkan diatas api kompor yang hangat sambil digeser sehingga membuat permukaan daun menjadi mengkilap dan teksturnya menjadi leih layu dan halus.
Setelah itu, lumuri ikan dengan bumbu halus, siapkan sobekan daun pisag dan tempatkan ikan diatasnya, berikan kembali campurna bumbu halus dan bumbu iris pada permukaan ikan.
Lalu bungkus ikan dengan sempurna dan berikan sematan lidi di masing-masing bagian ujungnya untuk merekatkan.
Lalu kukus hingga matang pada panci yang diberikan 2 liter air bersama dengan 2 sdm minyak sayur. Masak selama kurang lebih 2-3 jam hingga matang.

Setelah matang sajikan dan hidangkan Pepes Ikan Mas untuk keluarga. Baca juga resep lainnya disini